Jumat, 30 September 2016

Contoh Surat Resign

Halo para neter semua, apa kabar? Ketemu lagi dengan kami di blog Contoh Surat yang menyajikan berbagai contoh - contoh surat dari berbagai macam jenis surat dan penulisannya. Jika sebelumnya kami sudah membagian tentang Contoh Surat Pernyataan Pelunasan Hutang, sekarang kami ingin sedikit membahas tentang Contoh Surat Resign.

Resign atau bisa disebut juga dengan mengundurkan diri dari suatu pekerjaan di sebuah instansi atau sebuah perusahaan kadang membuat kita bimbang. Kadang walau kita sudah memantapkan pilihan untuk resign atau mengundurkan diri, tetapi pikiran apakah pilihan mengundurkan diri ini sudah tepat atau belum ini masih suka menyelimuti.

Pada dasarnya, ada banyak alasan kenapa kita memilih untuk mengundurkan diri dari suatu pekerjaan. Ada yang jenuh atau bosan dengan pekerjaan tersebut dan sehingga membutuhkan suasana yang baru, ada yang memang sebenarnya tidak menyukai pekerjaan yang dilakoni tetapi karena butuh pekerjaan maka harus melakoni pekerjaan itu, ada yang memang sudah mendapatkan pekerjaan di tempat kerja yang lain, ada yang karena sakit jadi tidak sanggup melakukan pekerjaan yang telah dilakoni, atau bisa juga karena akan menikah dan sang calon suami tidak mengijinkan untuk seorang istri bekerja saat sudah menikah nanti, dan masih banyak lagi alasan yang mengharuskan kita mengundurkan diri dari suatu pekerjaan pada sebuat tempat kerja.

Hal – hal yang membuat kita menginginkan untuk mengundurkan diri tersebut diatas juga ada banyak faktor yang mendukung. Misalnya, kita ingin resign atau mengundurkan diri karena menurut kita, gaji yang diberikan oleh tempat kita bekerja saat ini masih kurang, faktornya adalah karena kita mempunyai kebutuhan hidup yang terus meningkat, apalagi ketika kita masih bekerja pada suatu perusahaan, lalu mencoba peruntungan melamar ke perusahaan lain, berharap mendapatkan yang lebih baik, lalu hasilnya kita diterima di perusahaan tersebut. Maka kita harus mengajukan pengunduran diri pada perusahaan yang lama, kecuali kalau memang kita bisa double job dan kondisi memang memungkinkan. Tetapi kalau tidak? Kita harus memilih salah satu. Mengundurkan diri dari tempat kerja yang lama dan memilih yang baru, atau tetap bertahan ditempat kerja yang lama dan melepas tempat kerja yang baru.

Tetapi, apapun alasan kita memilih untuk resign atau mengundurkan diri, selayaknya kita tetap berlaku sopan kepada tempat yang telah memberikan kita pekerjaan tersebut. Caranya yaitu dengan melakukan pamit secara baik – baik karena sebelumnya kita masuk memulai bekerja di tempat tersebut secara baik – baik maka keluarnya pun harus secara baik – baik pula. Cara pamit yang baik yaitu salah satunya dengan mengajukan surat resign atau bisa juga disebut dengan surat pengunduran diri. Untuk industri kecil atau rumahan, mungkin kita tidak memerlukan surat resign untuk mengundurkan diri, biasanya cukup mengatakan secara lisan kepada atasan dan beres, esoknya atau waktu saat kita resign, kita langsung resign tanpa harus memberikan surat pengunduran diri secara resmi. Akan tetapi untuk industri menengah ke atas, apalagi suatu perusahaan atau instansi yang besar, membuat surat resign untuk mengundurkan diri ini penting. Karena lebih resmi dibandingkan hanya diucapkan dengan lisan dan bisa menjadi arsip untuk perusahaan.

Contoh Surat Resign


Contoh Surat Resign - Buat kalian yang sedang mencari Contoh Surat Resign. Kami sajikan beberapa contoh yang dapat anda gunakan untuk membuat surat resign yang baik dan benar. Silahkan kamu pahami dan pelajari.

Contoh Surat Resign


Bandung, 14 Maret 2016
Kepada Yth,
Manager HRD BeliGratis.com
Di Bandung

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya yang bernama Rendy Ahmad, bekerja pada posisi Staf Call Center bagian Handling Complain Customer, menyatakan bahwa saya bermaksud mengundurkan diri dari BxxxGratis.com, yang mulai efektif tidak bekerja lagi per tanggal 18 April 2016.

Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya atas semua kesempatan yang telah diberikan kepada saya selama saya bekerja sebagai call center di BeliGratis.com ini. Saya sangat senang pernah bekerja pada perusahaan ini karena disinilah saya merasakan pengalaman pertama bekerja pada sebuah perusahaan dan disini juga saya mendapatkan banyak pelajaran yang berharga yang tidak diberikan secara teori pada suatu perkuliahan. Dan saya juga meminta maaf kepada seluruh karyawan dan segenap jajaran manajemen BeliGratis.com apabila terdapat kesalahan yang pernah saya lakukan selama saya bekerja pada perusahaan ini baik yang disengaja maupun tidak disengaja.

Walaupun saya sudah tidak bekerja pada perusahaan ini lagi, saya selalu berdoa dan berharap semoga BxxxGratis.com selalu terus berkembang dan terus bisa menjadi perusahaan retail online yang nomor satu di Indonesia.

Demikian surat pengunduran ini saya buat. Mohon agar dimaklumi. Atas perhatian Bapak / Ibu, saya ucapkan terima kasih.



Hormat saya,


Rendy Ahmad

Membuat surat resign ini tidaklah sulit. Cukup mudah seperti membuat surat lamaran pekerjaan hanya berbeda konteksnya saja. Tetapi harus tetap diperhatikan tata caranya agar surat resign yang kita buat tidak menyinggung perasaan yang membaca, tetap sopan, resmi dan terlihat professional.



Lihat Juga :

- Contoh Surat Pernyataan Pelunasan Hutang
- Contoh Surat Dakwaan Komulatif
- Contoh Surat Perintah


Contoh Surat Resign II


Kepada Yth,
Bapak Gionino Ahmad
General Manager PT. Makmur Sejahtera Abadi
Jl. Panjang Sekali Raya No. 1 Bandung

Perihal : Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Melalui surat ini, Saya yang bernama Anggara Radivo dengan nomor kepegawaian 9089210, bermaksud mengajukan surat permohonan pengunduran diri dari PT. Makmur Sejahtera Abadi pada posisi Staff Administrasi dan Umum, yang efektif tidak bekerja mulai tanggal 18 April 2016, dikarenakan dengan alasan saya ingin mengembangkan potensi diri saya dan sumber daya saya yang saya miliki agar lebih maksimal lagi serta menambah wawasan dan pengalaman di bidang yang lain.

Saya ingin mengucapkan terimakasih sebesar – besarnya kepada seluruh jajaran manajemen dan rekan – rekan seperjuangan atas kesempatan dan pengalaman yang sudah diberikan kepada saya selama saya menjadi Staff Administrasi dan Umum sejak tahun 2012 pada PT. Makmur Sejahtera Abadi ini. Dan saya juga mengucapkan maaf yang sedalam – dalamnya atas setiap kesalahan yang pernah saya lakukan, baik yang disengaja ataupun tidak disengaja. Saya selalu berharap semoga PT. Makmur Sejahtera Abadi ini terus semakin jaya dan semakin sukses lagi serta selalu dapat meningkatkan kesejahteraan karyawan – karyawan di dalamnya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, mohon agar menjadi maklum. Atas perhatian dan kerjasama serta dukungan yang telah diberikan kepada saya selama ini, saya ucapkan terima kasih.

Bandung, 11 April 2016
Hormat saya,

Anggara Radivo

Hal yang paling penting sebelum mengajukan resign atau pengunduran diri, yaitu adalah berpikir secara matang dan logis. Pikirkan lagi sebelum mengambil keputusan tersebut, jangan sampai ada penyesalan nantinya. Karena mencari pekerjaan itu bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan skill atau kemampuan serta peruntungan. Ada cukup banyak yang memiliki kemampuan bagus tetapi peruntungan tidak bagus, maka orang yang ini cukup sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Padahal orang ini bisa sangat menguntungkan pihak perusahaan.

Contoh Surat Resign III


Bandung, 18 April 2016

Kepada Yth,
Manager HRD
PT. Makmur Sejahtera Abadi
Jl. Panjang Sekali No. 1 Bandung

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama          : Rendy Ahmad
NIK             : 6090890
Jabatan      : Asisten Marketing Manager

Bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Makmur Sejahtera Abadi dikarenakan kondisi kesehatan saya yang tidak baik. Saya khawatir jika saya tetap melanjutkan bekerja, saya malah akan mengurangi produktivitas perusahaan. Surat ini saya buat sesuai dengan prosedur yang berlaku pada perusahaan. Saya harap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak – hak karyawan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Saya mengucapkan terimakasih atas segala kesempatan serta dukungan dan kerjasama yang pernah terjalin selama saya menjabat sebagai Asisten Marketing Manager pada perusahaan ini. Banyak pengalaman serta ilmu telah yang saya dapatkan dan semakin saya kuasai. Selain itu saya juga memohon maaf apabila selama saya bekerja ada PT. Makmur Sejahtera Abadi ini pernah melakukan kesalahan atau hal yang tidak berkenan.

Dan mengenai tanggung jawab pekerjaan yang belum bisa saya selesaikan sepenuhnya serta rencana kerja kedepan yang belum saya kerjakan, saya laporkan semua dari kemajuan dan perkembangan sampai rencana – rencana yang telah saya buat melalui lampiran dalam surat ini.
Sekian surat pengunduran diri ini saya buat dengan benar tanpa ada paksaan dari pihak manapun dan semoga surat ini dapat dimaklumi. Atas perhatian Bapak / Ibu, saya ucapkan terima kasih.



Hormat saya,


Rendy Ahmad

Demikianlah rangkuman mengenai contoh surat resign dari kami. Kembali kepada diri masing – masing, rezeki sudah ada yang mengatur, kita sebagai manusia harus ttap semangat, berusaha dan berdoa agar semua urusan dilancarkan. Selain itu, usahakan sebelum mengajukan pengunduran diri, kita harus mendapatkan pekerjaan lain terlebih dahulu agar tidak ada yang namanya masa menganggur. Cukup sekian pembahasan kita kali ini, terima kasih sudah berkunjung di blog kami dan sampai jumpa.

0 komentar