Kamis, 11 Januari 2018

Contoh Berita Acara

Bagi Anda yang sedang membutuhkan referensi atau contoh berita acara, pada postingan ini saya akan mengulas secara lengkap mengenai contoh berita acara, baik berupa berita acara kegiatan, rapat, atau serah terima. Silakan simak ulasan lengkapnya seperti dipaparkan berikut ini.

Berita acara merupakan suatu surat yang mana di dalamnya mengandung pernyataan persetujuan dan peresmian mengenai kegiatan tertentu, rapat, kejadian, peristiwa, kerusakan dan juga serah terima barang.

Menyadari pentingnya berita acara ini maka perlu diketahui bagaimana sitematikanya membuat berita acara yang baik sehingga isi laporannya bisa di pertanggung jawabkan dengan baik. Dalam berita acara memuat keterangan yang menjelaskan tentang apa saja yang terjadi, siapa saja yang datang dan kapan terjadinya.

Dalam artikel ini, akan dipaparkan beberapa hal mengenai berita acara seperti, cara membuat berita acara yang baik, contoh berita acara kejadian, contoh berita acara pemeriksaan, contoh berita acara serah terima jabatan, contoh beroita acara serah terima pekerjaan, contoh berita acara serah terima barang dan juga berita acara rapat.


Cara Membuat Berita Acara Yang Benar


Mengetahui betapa pentingnya berita acara bagi setiap kegiatan, maka perlu Anda ketahui bagaimana cara membuat berita acara yang baik. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum membuat berita acara, antara lain:

1. Segala sesuatu yang berkaitan ataupun terlibat dengan kegiatan harus dicatat secara terperinci.

2. Urutan kronologi kegiatan mulai dari waktu, tanggal, bulan, tahun, tempat kejadian, dan penyebab / maksud kegiatan diadakan.

3. Untuk tempat kejadian perlu pula dicatat secara sedetail mungkin, termasuk pula kode posnya.

4. Pastikan ada tanda tangan dari pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut, guna untuk keabsahan dokumen tersebut.

5. Penting juga membuat berita acara membubuhkan saksi guna untuk keabsahan berita acara dari kegiatan tersebut.

6. Untuk berita acara serah terima barang, jabatan dan pekerjaan isi berita acarannya lebih terperinci lagi terkait jenis barang, banyaknya barang yang hendak di kirim.

Contoh Berita Acara Serah Terima Jabatan


PT JAYA
Ruko Permata Jingga 90 Malang
No. telp. 08769403456 fax. 09876
______________________________________________________________


SURAT SERAH TERIMA JABATAN
No. 23/PTM/NBK/V/16


Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : M. Rusli

Jabatan : Direktur Utama PT JAYA

NIP :3788394

AlamaT ; Jl. Merak 45 Malang

No. KTP/SIM : 234568097910

Sudah melakukan serah terima jabatan selaku Direktur utama PT JAYA kepada :

Nama : Suliha Nurmana

Jabatan : Sekretraris

NIP : 3457280

No. KTP/SIM : 45582908298

Serah terima jabatan ini dilaksanakan berkaitan dengan pengadaan cuti lantaran ada kepentingan keluarga yang hendak dilaksanakan pada tanggal 21 desember sampai dengan 28 Desember.

Demikian berita acara ini kami susun sebagi penunjang laporan lainnya.

Dibuat di : Malang

Yang menerima                                                    Yang Menyerahkan

Suliha Nurmana                                                              M. Rusli

Mengetahui,
Direktur Utama

Adi hasmarano

Contoh Berita Acara Serah Terima Barang


BERITA ACARA PENYERAHAN BARANG

Kami yang bertannda tangan dibawah ini : tannggal …. Bulan…. Tahun….

Nama : _______________

Jabatan :______________

Alamat : _______________

Selanjutnya sebagai “PIHAK PERTAMA”

Nama : ___________________

Jabatan : ___________________

Alamay :______________

Selanjutnya sebagai “PIHAK KEDUA”

PIHAK PERTAMA menyerahkan barang kepada PIHAK KEDUA, dan PIHAK KEDUA menyatakan telah menerima barang dari PIHAK PERTAMA berupa daftar terlampir.

Nama Barang: LAPTOP CANON
Banyak: 3 Unit

Demikian berita acara serah terima ini dibuat oleh para pihak, adapun barang – barang tersebut tidak ada permasalahan dan dalam kondisi normal, dengan begitu barang tersebut sudah menjadi tanggung jawab PIHAK KEDUA, memelihara dan menjaganya dengan baik.

Yang menyerahkan                                                                Yang Menerima



(PIHAK PERTAMA)                                                                   (PIHAK KEDUA)


Contoh Berita Acara Kejadian


BERITA ACARA KEJADIAN
Nomor : … /Bulan/Kode Instans/Bulan/Tahun

Pada hari ini… Tanggal … Bulan… Tahun … Pukul …. Wib

Nama : ………………..

Jabatan : …………………

Setelah menerima laporan tentang : …………………

Membuat berita acara kejadian sebagai berikut :

Saya telah menerima laporan dari seorang : …………….

Pekerjaan : …………………………

Yang melaporkan bahwa telah terjadi :…………………..

Saya dengan dibantu oleh …………………… telah mengangani kasus tersebut dengan meminta keterangan / memeriksa kejadian tersebut. Keterangan yang diperoleh sebagai berikut.

a. Korban

Nama:
Umur:
Alamat :

b. Pelaku

Nama :
Umur :
Alamat :

c. Saksi

Nama :
Umur :
Alamat :

d. Kerugian :

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

e. Kronologi :

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
f. Tindakan yang diambil :

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Demikian berita acara kejadian saya buat dengan sebenar – benarnya dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Kemudian ditutp dan ditanda tangani pada hari dan tanggal serta tempat seperti tersebut diatas.

Mengetahui,

Pembuat Berita Acara

Lampiran foto KTP/Barang Bukti


Itulah tadi beberapa contoh berita acara yang benar. Semoga dengan membaca ulasan diatas nantinya Anda dapat membuat berita acara dengan sebaik-baiknya. Akhir kata dari saya, semoga bermanfaat.

0 komentar