Sabtu, 18 November 2017

Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Sopan

Adalah diwajibkan bagi seorang karyawan untuk membuat surat pengunduran diri terlebih dulu apabila merencanakan untuk berhenti bekerja. Selain wujud dari profesionalitas dalam dunia kerja, hal tersebut juga sudah menjadi standar etika bagi karyawan. Menempuh proses rekrutmen dengan baik, dan begitu memutuskan untuk berhenti kerja pun harus dilakukan secara prosedural, yakni dengan membuat surat resign.

Cara membuat surat pengunduran diri karyawan tentunya sangat mudah. Namun demikian, pastikan Anda mempertimbangkan dengan sematang mungkin sebelum memilih opsi untuk mengundurkan diri dari perusahaan tempat Anda bekerja sekarang. Keputusan yang Anda ambil tentunya dapat merugikan Anda dikemudian hari jika tidak dipertimbangkan dengan sebaik-baiknya.

Seperti apa penulisan surat pengunduran diri yang benar itu? Dibawah ini bisa Anda pelajari contoh surat pengunduran diri yang baik, sopan, dan juga etis.

Contoh Surat Pengunduran Diri


Kepada Yth,
Kepala HRD PT. Alam Tani
Jln. Indah ria km. 1 Jakarta Barat Jakarta, 1 Agustus 2017

Dengan hormat,
Dengan surat ini saya selaku karyawan dari PT. Alam Tani berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan serta undang-undang tenaga kerja. Yang bertanda yangan dibawah ini:

Nama: :
Departemen :
Jabatan :
No. Karyawan :
Alamat :

Dengan ini bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri dari PT. Alam Tani terhitung sejak 19 Juni 2017 dengan ingin lebih dekat dengan keluarga.

Saya sangat berterima kasih kepada pihak PT. Alam Tani yang telah memberikan kesempatan saya bekerja dan juga kepada teman-teman sejawat yang sudah banyak membantu saya dalam bekerja. Saya juga memohon maaf bila ada kesalahan baik itu pada perusahaan maupun pada teman-teman. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya serta memberikan semua.

Saya memiliki harapan bahwa PT. Alam Tani menemukan pengganti saya yang lebih dan juga lebih sukses lagi untuk kedepannya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas segala perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan teria kasih.

Hormat saya,

Rahman


Surat Resign Kerja


Jakarta, 1 Februari 2018

Kepada Yth,
Kepala HRD PT. Aman Aman Saja
Jln. Cempaka Indah Jakarta Tinur

Dengan hormat,

Bersama ini saya selaku karyawan dari PT. Aman Aman Saja dan berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan serta undang-undang tenaga kerja:

Nama : Yoni Huda
Departemen :
Jabatan :
Alamat :

Dengan ini bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri dari PT. Aman Aman Saja terhitung sejak 20 Maret 2018 dengan ingin lebih dekat dengan keluarga.

Saya sangat berterima kasih kepada PT. Aman Aman Saja yang selama ini telah memberikan kesempatan untuk saya berkarir dengan sangat nyaman. Saya juga memohon maaf apabila ada kesalahan yang dirasa merugikan perusahaan. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya serta menghormati pilihan saya yang tentunya sudah melalui tahap pertimbangan.

Dengan mundurnya saya, harapannya PT. Aman Aman Saja akan menemukan pengganti saya yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Semoga kedepannya perusahaan terus mengalami kemajuan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas segala perhatian dan kerjasamanya saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,

Yoni Huda

Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris


July 2, 2018
Mrs. Nicole Kidman, Manager
Powerfull Recruiters Ltd.
12345-Sunset Road
New Street, NY 10801Dear Mrs Nicole,

Please accept this letter as the resignation of my position as Recruiter, effective September 1, 2018. I am offering two weeks notice – this will give you an opportunity to find a suitable replacement. If you would like, I am more than willing to provide training and orientation to the newcomer. My decision to resign was finalized after long and carefull consideration of all factors. I regret leaving friend here; more home. I feel the change will be beneficial to my long-term career goals and objectives. I assure you that I will complete any outstanding projects and business affairs before my departure – the transition will be handled professionally to ensure no internal or external problems.

Again, it has been a pleasurable learning experience working as part of your team and I wish nothing, but success for Powerfull Recruiters Ltd.

Sincerely,

Andy Cole

Enclosure: Resume

Demikian tadi referensi contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar, semoga berguna bagi kalian yang sedang membutuhkannya. Silakan disesuaikan berdasarkan kondisi Anda saat ini.

0 komentar