Bagi Anda yang sedang membutuhkan referensi atau contoh berita acara, pada postingan ini saya akan mengulas secara lengkap mengenai contoh berita acara, baik berupa berita acara kegiatan, rapat, atau serah terima. Silakan simak ulasan lengkapnya seperti dipaparkan berikut ini.
Berita acara merupakan suatu surat yang mana di dalamnya mengandung pernyataan persetujuan dan peresmian mengenai kegiatan tertentu, rapat, kejadian, peristiwa, kerusakan dan juga serah terima barang.
Menyadari pentingnya berita acara ini maka perlu diketahui bagaimana sitematikanya membuat berita acara yang baik sehingga isi laporannya bisa di pertanggung jawabkan dengan baik. Dalam berita acara memuat keterangan yang menjelaskan tentang apa saja yang terjadi, siapa saja yang datang dan kapan terjadinya.
Dalam artikel ini, akan dipaparkan beberapa hal mengenai berita acara seperti, cara membuat berita acara yang baik, contoh berita acara kejadian, contoh berita acara pemeriksaan, contoh berita acara serah terima jabatan, contoh beroita acara serah terima pekerjaan, contoh berita acara serah terima barang dan juga berita acara rapat.
Mengetahui betapa pentingnya berita acara bagi setiap kegiatan, maka perlu Anda ketahui bagaimana cara membuat berita acara yang baik. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum membuat berita acara, antara lain:
1. Segala sesuatu yang berkaitan ataupun terlibat dengan kegiatan harus dicatat secara terperinci.
2. Urutan kronologi kegiatan mulai dari waktu, tanggal, bulan, tahun, tempat kejadian, dan penyebab / maksud kegiatan diadakan.
3. Untuk tempat kejadian perlu pula dicatat secara sedetail mungkin, termasuk pula kode posnya.
4. Pastikan ada tanda tangan dari pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut, guna untuk keabsahan dokumen tersebut.
5. Penting juga membuat berita acara membubuhkan saksi guna untuk keabsahan berita acara dari kegiatan tersebut.
6. Untuk berita acara serah terima barang, jabatan dan pekerjaan isi berita acarannya lebih terperinci lagi terkait jenis barang, banyaknya barang yang hendak di kirim.
Yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama : M. Rusli
Jabatan : Direktur Utama PT JAYA
NIP :3788394
AlamaT ; Jl. Merak 45 Malang
No. KTP/SIM : 234568097910
Sudah melakukan serah terima jabatan selaku Direktur utama PT JAYA kepada :
Nama : Suliha Nurmana
Jabatan : Sekretraris
NIP : 3457280
No. KTP/SIM : 45582908298
Serah terima jabatan ini dilaksanakan berkaitan dengan pengadaan cuti lantaran ada kepentingan keluarga yang hendak dilaksanakan pada tanggal 21 desember sampai dengan 28 Desember.
Demikian berita acara ini kami susun sebagi penunjang laporan lainnya.
Dibuat di : Malang
Yang menerima Yang Menyerahkan
Suliha Nurmana M. Rusli
Mengetahui,
Direktur Utama
Adi hasmarano
Kami yang bertannda tangan dibawah ini : tannggal …. Bulan…. Tahun….
Nama : _______________
Jabatan :______________
Alamat : _______________
Selanjutnya sebagai “PIHAK PERTAMA”
Nama : ___________________
Jabatan : ___________________
Alamay :______________
Selanjutnya sebagai “PIHAK KEDUA”
PIHAK PERTAMA menyerahkan barang kepada PIHAK KEDUA, dan PIHAK KEDUA menyatakan telah menerima barang dari PIHAK PERTAMA berupa daftar terlampir.
Nama Barang: LAPTOP CANON
Banyak: 3 Unit
Demikian berita acara serah terima ini dibuat oleh para pihak, adapun barang – barang tersebut tidak ada permasalahan dan dalam kondisi normal, dengan begitu barang tersebut sudah menjadi tanggung jawab PIHAK KEDUA, memelihara dan menjaganya dengan baik.
Yang menyerahkan Yang Menerima
(PIHAK PERTAMA) (PIHAK KEDUA)
Pada hari ini… Tanggal … Bulan… Tahun … Pukul …. Wib
Nama : ………………..
Jabatan : …………………
Setelah menerima laporan tentang : …………………
Membuat berita acara kejadian sebagai berikut :
Saya telah menerima laporan dari seorang : …………….
Pekerjaan : …………………………
Yang melaporkan bahwa telah terjadi :…………………..
Saya dengan dibantu oleh …………………… telah mengangani kasus tersebut dengan meminta keterangan / memeriksa kejadian tersebut. Keterangan yang diperoleh sebagai berikut.
a. Korban
Nama:
Umur:
Alamat :
b. Pelaku
Nama :
Umur :
Alamat :
c. Saksi
Nama :
Umur :
Alamat :
d. Kerugian :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
e. Kronologi :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
f. Tindakan yang diambil :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Demikian berita acara kejadian saya buat dengan sebenar – benarnya dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Kemudian ditutp dan ditanda tangani pada hari dan tanggal serta tempat seperti tersebut diatas.
Mengetahui,
Pembuat Berita Acara
Lampiran foto KTP/Barang Bukti
Itulah tadi beberapa contoh berita acara yang benar. Semoga dengan membaca ulasan diatas nantinya Anda dapat membuat berita acara dengan sebaik-baiknya. Akhir kata dari saya, semoga bermanfaat.
Berita acara merupakan suatu surat yang mana di dalamnya mengandung pernyataan persetujuan dan peresmian mengenai kegiatan tertentu, rapat, kejadian, peristiwa, kerusakan dan juga serah terima barang.
Menyadari pentingnya berita acara ini maka perlu diketahui bagaimana sitematikanya membuat berita acara yang baik sehingga isi laporannya bisa di pertanggung jawabkan dengan baik. Dalam berita acara memuat keterangan yang menjelaskan tentang apa saja yang terjadi, siapa saja yang datang dan kapan terjadinya.
Dalam artikel ini, akan dipaparkan beberapa hal mengenai berita acara seperti, cara membuat berita acara yang baik, contoh berita acara kejadian, contoh berita acara pemeriksaan, contoh berita acara serah terima jabatan, contoh beroita acara serah terima pekerjaan, contoh berita acara serah terima barang dan juga berita acara rapat.
Cara Membuat Berita Acara Yang Benar
Mengetahui betapa pentingnya berita acara bagi setiap kegiatan, maka perlu Anda ketahui bagaimana cara membuat berita acara yang baik. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum membuat berita acara, antara lain:
1. Segala sesuatu yang berkaitan ataupun terlibat dengan kegiatan harus dicatat secara terperinci.
2. Urutan kronologi kegiatan mulai dari waktu, tanggal, bulan, tahun, tempat kejadian, dan penyebab / maksud kegiatan diadakan.
3. Untuk tempat kejadian perlu pula dicatat secara sedetail mungkin, termasuk pula kode posnya.
4. Pastikan ada tanda tangan dari pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut, guna untuk keabsahan dokumen tersebut.
5. Penting juga membuat berita acara membubuhkan saksi guna untuk keabsahan berita acara dari kegiatan tersebut.
6. Untuk berita acara serah terima barang, jabatan dan pekerjaan isi berita acarannya lebih terperinci lagi terkait jenis barang, banyaknya barang yang hendak di kirim.
Contoh Berita Acara Serah Terima Jabatan
PT JAYA
Ruko Permata Jingga 90 Malang
No. telp. 08769403456 fax. 09876
______________________________________________________________
SURAT SERAH TERIMA JABATAN
No. 23/PTM/NBK/V/16
Yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama : M. Rusli
Jabatan : Direktur Utama PT JAYA
NIP :3788394
AlamaT ; Jl. Merak 45 Malang
No. KTP/SIM : 234568097910
Sudah melakukan serah terima jabatan selaku Direktur utama PT JAYA kepada :
Nama : Suliha Nurmana
Jabatan : Sekretraris
NIP : 3457280
No. KTP/SIM : 45582908298
Serah terima jabatan ini dilaksanakan berkaitan dengan pengadaan cuti lantaran ada kepentingan keluarga yang hendak dilaksanakan pada tanggal 21 desember sampai dengan 28 Desember.
Demikian berita acara ini kami susun sebagi penunjang laporan lainnya.
Dibuat di : Malang
Yang menerima Yang Menyerahkan
Suliha Nurmana M. Rusli
Mengetahui,
Direktur Utama
Adi hasmarano
Contoh Berita Acara Serah Terima Barang
BERITA ACARA PENYERAHAN BARANG
Kami yang bertannda tangan dibawah ini : tannggal …. Bulan…. Tahun….
Nama : _______________
Jabatan :______________
Alamat : _______________
Selanjutnya sebagai “PIHAK PERTAMA”
Nama : ___________________
Jabatan : ___________________
Alamay :______________
Selanjutnya sebagai “PIHAK KEDUA”
PIHAK PERTAMA menyerahkan barang kepada PIHAK KEDUA, dan PIHAK KEDUA menyatakan telah menerima barang dari PIHAK PERTAMA berupa daftar terlampir.
Nama Barang: LAPTOP CANON
Banyak: 3 Unit
Demikian berita acara serah terima ini dibuat oleh para pihak, adapun barang – barang tersebut tidak ada permasalahan dan dalam kondisi normal, dengan begitu barang tersebut sudah menjadi tanggung jawab PIHAK KEDUA, memelihara dan menjaganya dengan baik.
Yang menyerahkan Yang Menerima
(PIHAK PERTAMA) (PIHAK KEDUA)
Contoh Berita Acara Kejadian
BERITA ACARA KEJADIAN
Nomor : … /Bulan/Kode Instans/Bulan/Tahun
Pada hari ini… Tanggal … Bulan… Tahun … Pukul …. Wib
Nama : ………………..
Jabatan : …………………
Setelah menerima laporan tentang : …………………
Membuat berita acara kejadian sebagai berikut :
Saya telah menerima laporan dari seorang : …………….
Pekerjaan : …………………………
Yang melaporkan bahwa telah terjadi :…………………..
Saya dengan dibantu oleh …………………… telah mengangani kasus tersebut dengan meminta keterangan / memeriksa kejadian tersebut. Keterangan yang diperoleh sebagai berikut.
a. Korban
Nama:
Umur:
Alamat :
b. Pelaku
Nama :
Umur :
Alamat :
c. Saksi
Nama :
Umur :
Alamat :
d. Kerugian :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
e. Kronologi :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
f. Tindakan yang diambil :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Demikian berita acara kejadian saya buat dengan sebenar – benarnya dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Kemudian ditutp dan ditanda tangani pada hari dan tanggal serta tempat seperti tersebut diatas.
Mengetahui,
Pembuat Berita Acara
Lampiran foto KTP/Barang Bukti
Itulah tadi beberapa contoh berita acara yang benar. Semoga dengan membaca ulasan diatas nantinya Anda dapat membuat berita acara dengan sebaik-baiknya. Akhir kata dari saya, semoga bermanfaat.
0 komentar
Posting Komentar